Cegah Kebakaran Hutan terulang KLHK tingkatkan Koordinasi

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan meningkatkan koordinasi dengan lembaga lainnya guna mencegah kebakaran hutan terulang.

“Ada beberapa provinsi yang sudah siaga darurat, seperti Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat. Kalau dalam siaga darurat, kami meningkatkan kolaborasi dengan BNPB, Manggala Agni, TNI, Polri, dan lainnya,” kata Pelaksana Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Sunarno di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa saat ini patroli terpadu yang terdiri atas enam lembaga telah gencar melakukan pencegahan dan pemadaman. Tim patroli terpadu ini juga tersedia di desa dan berpatroli selama 24 jam.

Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat dan tokoh desa untuk terlibat dalam pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan.

“Kami harap keterlibatan masyarakat ini dapat menyadarkan mereka untuk tidak membakar hutan,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa penyebab kebakaran yang terjadi pada tahun ini, salah satunya penyiapan lahan dengan cara dibakar.

KLHK mengklaim kebakaran tahun ini tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2015, misalnya, hutan yang terbakar seluas 2,61 hektare, pada tahun 2016 seluas 438.360 hektare, dan pada tahun 2017 seluas 20.290 hektare.

“Sampai saat ini kebakaran hutan yang terjadi tidak sebesar tahun sebelumnya. Kami juga belum mendengar kebakaran hutan tersebut mengganggu aktivitas penerbangan dan sebagainya,” katanya lagi.

Menurut dia, iklim pada tahun ini lebih kering daripada 2016. Namun, lebih basah ketimbang pada tahun 2015.

Moslem Friend

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Translate »