Melawan Nafsu Saat Berbuka

Saat menjelang senja, adzan magrib adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Dikala perut terasa lapar karena menahan makan dan minum seharian, membuat nafsu makan semakin tinggi, sehingga saat berbuka puasa sebagian umat Islam tidak mampu untuk mengendalikan nafsu makannya. Sehingga  perutnya penuh dengan makanan dan kekenyangan.  Sikap tersebu tentu tidak baik dalam pandangan agama.

Berikut adalah ulasan dalam kitab ihya Ulumuddin sebagaimana telah dipaparkan oleh KH. Ma’ruf Khozin sebagai berikut.

Imam al-Ghazali berkata:

ﺃﻥ ﻻ ﻳﺴﺘﻜﺜﺮ ﻣﻦ اﻟﻄﻌﺎﻡ اﻟﺤﻼﻝ ﻭﻗﺖ اﻹﻓﻄﺎﺭ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﻤﺘﻠﻰء ﺟﻮﻓﻪ ﻓﻤﺎ ﻣﻦ ﻭﻋﺎء ﺃﺑﻐﺾ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻣﻦ ﺑﻄﻦ ﻣﻠﻲء ﻣﻦ ﺣﻼﻝ ﻭﻛﻴﻒ ﻳﺴﺘﻔﺎﺩ ﻣﻦ اﻟﺼﻮﻡ ﻗﻬﺮ ﻋﺪﻭ اﻟﻠﻪ ﻭﻛﺴﺮ اﻟﺸﻬﻮﺓ ﺇﺫا ﺗﺪاﺭﻙ اﻟﺼﺎﺋﻢ ﻋﻨﺪ ﻓﻄﺮﻩ ﻣﺎ ﻓﺎﺗﻪ ﺿﺤﻮﺓ ﻧﻬﺎﺭﻩ ﻭﺭﺑﻤﺎ ﻳﺰﻳﺪ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺃﻟﻮاﻥ اﻟﻄﻌﺎﻡ

Hendaknya tidak memperbanyak makanan halal saat berbuka, sekira perutnya penuh dengan makanan. Tidak ada wadah yang lebih dimurkai Allah dari pada perut yang penuh dengan makanan halal. Bagaimana mungkin ia dapat mengambil hikmah puasa berupa mengekang musuh Allah dan menahan nafsu jika saat berbuka ia mengganti laparnya saat siang hari? Bahkan kadang ditambah dengan variasi makanan yang banyak? (Ihya Ulumiddin 1/235)

Oleh : KH. Ma’ruf Khozin/Nur K

Moslem Friend

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Translate »