Nikmatnya Lontong Tuyuhan Bikin Nagih

Lasem – Mangkuk berisi potongan lontong, daging ayam, bersimbah kuah kuning itu teronggok di meja. Harum dari kuah menguar, menelusup ke hidung. Nafsu makan kian menggairah saat hujan mengguyur tanah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Tak sulit untuk memotong daging ayam dengan bantuan sendok dan garpu. Daging ayam terasa empuk. Bumbu ungkep ayam meresap ke daging. Rasa gurih bercampur pedas dari olahan rempah melumuri lidah.

Ada sensasi yang tertinggal ketika menyeruput kuah Lontong Tuyuhan. Kuah panas serta bumbu rempah serasa membuat sendok tak berhenti meluncur masuk ke mulut. Taburan bawang goreng semakin melengkapi rasa.

Perpaduan potongan lontong, daging ayam, dan kuah kuning itu adalah kuliner khas Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lontong Tuyuhan namanya. Sekilas Lontong Tuyuhan terlihat seperti opor ayam.

Kastari (53) adalah salah satu penjual yang menawarkan kuliner Lontong Tuyuhan di Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan. Kastari punya ciri khas saat berjualan, yaitu menggunakan pikulan.

Ia mengatakan ayam yang digunakan untuk Lontong Tuyuhan adalah ayam kampung. Ayam kampung dipilih yang berusia tiga bulan.

“Untuk bumbu Lontong Tuyuhan itu ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, laos, cabai, garam, pala, kunyit,” jelas Kastari di Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

 Pilihan daging ayam yang bisa dipilih adalah dada, sayap, dan brutu (pantat ayam). Selain daging ayam, ada juga lauk tempe, usus, dan hati ayam.

Lontong Tuyuhan di Desa Tuyuhan berada di Jalan Raya Lasem – Pandan. Lebih dari lima penjual Lontong Tuyuhan di sentra kuliner Lontong Tuyuhan. Setiap penjual memiliki meja dan bangku untuk tempat makan. Tak perlu ragu kehujanan karena ada atap yang melindungi.

Seporsi Lontong Tuyuhan dijual mulai Rp 11.000. Lauk tempe dan ati ampela ayam dikenakan harga tambahan.

Sentra kuliner Lontong Tuyuhan buka mulai pagi sekitar pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Di sentra itu terdapat lahan parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Moslem Friend

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Translate »